Menurutku mesin motor yang
paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah
ngacir, tangan jadi gak gampang pegel. Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga
lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas. Untuk itu kita kasih
rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring :
1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke.
Jika sering liat
spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di
Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat
touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini
Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro.
Contohnya :
1. Motor A - Bore X Stroke = 56 X
83
2. Motor B - Bore X Stroke = 83 X
56
Dari contoh diatas, motor A mempunyai Stroke yang lebih panjang dari Motor B, Walhasil Motor A lebih Cocok buat Touring karena Spek mesinnya yang OverStroke.2. Mesin dengan Sistem Kem SOHC
Chamshaft/Kem/Noken As ada beberapa tipe, yang guwe tau tipe OHV dan OHC. Di Indonesia sendiri untuk mesin motor dibawah 250CC umumnya mengadopsi tipe OHC, tapi ada juga yang pakai OHV kayak Harley Davidson. Di OHC sendiri dibagi lagi menjadi SOHC dan DOHC.
SOHC( Single Overhead Chamshaft) adalah Sistem Kem dimana Kelep/Katup Mesin digerakkan oleh SATU KEM/NOKEN AS.
DOHC(Double Overhead Chamshaft) adalah Sistem Kem dimana Kelep/Katup Mesin digerakkan oleh DUA KEM/NOKEN AS.
Guwe saranin pakai yang SOHC, karena tarikan bawah-menengah motor lebih mantap dan lebih enteng. Minusnya tarikan atas agak kurang, tapi kan motor-motor Touring emang gak mentingin Speed/kecepatan, orang yang suka touring lebih suka mesin dengan karakter torsi yang gede.
Untuk mesin dikisaran 150cc kebawah sih... DOHC tetap lebih mantap daripada SOHC, tapi gak beda jauh putaran atasnya. Pokoke mesin motor dibawah 250cc keluaran Jepang ataupun Eropa, buat touring itu paling enak pake mesin yang Stroke_nya Panjang + kelep SOHC. Karena tarikan Bawah-Menengah mesin lebih mantap!!! GAK USAH BUKA GAS DALAM-DALAM motor udah ngacir, efeknya tangan jadi gak gampang pegel.