Skip to main content

Spesifikasi Mesin yang Cocok Buat Touring


Menurutku mesin motor yang paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah ngacir, tangan jadi gak gampang pegel. Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas. Untuk itu kita kasih rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring :

1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke.
Jika sering liat spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro.
Contohnya :
1. Motor A - Bore X Stroke = 56 X 83
2. Motor B - Bore X Stroke = 83 X 56
Dari contoh diatas, motor A mempunyai Stroke yang lebih panjang dari Motor B, Walhasil Motor A lebih Cocok buat Touring karena Spek mesinnya yang OverStroke.

2. Mesin dengan Sistem Kem SOHC
Chamshaft/Kem/Noken As ada beberapa tipe, yang guwe tau tipe OHV dan OHC. Di Indonesia sendiri untuk mesin motor dibawah 250CC umumnya mengadopsi tipe OHC, tapi ada juga yang pakai OHV kayak Harley Davidson. Di OHC sendiri dibagi lagi menjadi SOHC dan DOHC.
SOHC( Single Overhead Chamshaft) adalah Sistem Kem dimana Kelep/Katup Mesin digerakkan oleh SATU KEM/NOKEN AS.
DOHC(Double Overhead Chamshaft) adalah Sistem Kem dimana Kelep/Katup Mesin digerakkan oleh DUA KEM/NOKEN AS.
Guwe saranin pakai yang SOHC, karena tarikan bawah-menengah motor lebih mantap dan lebih enteng. Minusnya tarikan atas agak kurang, tapi kan motor-motor Touring emang gak mentingin Speed/kecepatan, orang yang suka touring lebih suka mesin dengan karakter torsi yang gede.
Untuk mesin dikisaran 150cc kebawah sih... DOHC tetap lebih mantap daripada SOHC, tapi gak beda jauh putaran atasnya. Pokoke mesin motor dibawah 250cc keluaran Jepang ataupun Eropa, buat touring itu paling enak pake mesin yang Stroke_nya Panjang + kelep SOHC. Karena tarikan Bawah-Menengah mesin lebih mantap!!! GAK USAH BUKA GAS DALAM-DALAM motor udah ngacir, efeknya tangan jadi gak gampang pegel.

Artikel Populer

Mudik Naik Motor dari Bogor ke Solo Lewat PANTURA

Prepare di Ruko H-3 Tahun 2017 guwe mudik pake gaya riding, maksudnya naik motor dari kota perantauan ke kampung halaman. Dua tahun kebelakang, mudik naik mobil pribadi sensasinya serasa biasa-biasa saja, kurang greget kurang menantang qiqiqi, bagi saya nyopir mobil terlalu gampang dibanding naik motor, ditambah lewat tol mulu... jadi mbosenin. Tahun ini kepingin mudik naik motor sendirian alias solo riding dari Bogor ke Sragen, bener-bener sendiri kagak ada barengannya. Tapi tenang, walaupun sendirian kagak usah takut kesepian, karena di jalan pasti bakal ketemu pemudik lain yang ramenya minta ampun. Alih-alih mumpung masih bujang otot-otot masih kencang tes ombak riding tipis-tipis pulang pergi ngaspal sejauh 700km , isih kuat opo hora, tentunya dengan semangat " young forever". Akhirnya dengan slogan "sluman slumun slamet" guwe gas pake Honda CBR 150R keluaran tahun 2013 ke kampung halaman buat sungkem sama ortu. Rute Bogor – Tapos – Cileungsi – Setu –

Tempat Wisata Anak Motor Bogor-Bukit Hambalang, Nantangin Banget!

Bukit Hambalang terletak di Citeureup Kabupaten Bogor, Jalurnya cocok pakai motor-motor trail atau kalau Honda ya CBX/CRF Series karena berlumpur, tapi guwe nekat pakai CBR! seng penting yakin. Ceritanya dimulai s ejak temen pengguna motor scorpio main ke Hambalang beberapa hari yang lalu, poto-potonya apik, bisa buat stok DP di media sosial, ane jadi tertarik buat meng eksplore daerah Hambalang karena pemandangannya yang ajib. Selain ajib, ada spot yang menantang adrenalin, tepatnya di tanjakan Babeh yang sudah jamak terkenal oleh crosser-crosser seJabodetabek. Akhirnya, t ekat sudah bulat, ambil motor langsung gas ke kesana pagi menjelang siang dari rumah di daerah Cilebut(St.Cilebut) Bogor. Ternyata pas sampai disana, guwe mampir dulu ngopi santai di warung yang lokasinya tepat di bawah/di pintu masuk bukit. Pas guwe  liat bukit Hambalang sembari tangan kanan megang cangkir kopi, lakok cangkirnya geterrr sendiri... tangan kiri guwe spontan langsung pegangan kursi. Ternyata, Jal