Skip to main content

Mudik Naik Motor dari Bogor ke Solo Lewat PANTURA

Prepare di Ruko
H-3 Tahun 2017 guwe mudik pake gaya riding, maksudnya naik motor dari kota perantauan ke kampung halaman. Dua tahun kebelakang, mudik naik mobil pribadi sensasinya serasa biasa-biasa saja, kurang greget kurang menantang qiqiqi, bagi saya nyopir mobil terlalu gampang dibanding naik motor, ditambah lewat tol mulu... jadi mbosenin. Tahun ini kepingin mudik naik motor sendirian alias solo riding dari Bogor ke Sragen, bener-bener sendiri kagak ada barengannya. Tapi tenang, walaupun sendirian kagak usah takut kesepian, karena di jalan pasti bakal ketemu pemudik lain yang ramenya minta ampun. Alih-alih mumpung masih bujang otot-otot masih kencang tes ombak riding tipis-tipis pulang pergi ngaspal sejauh 700km , isih kuat opo hora, tentunya dengan semangat "young forever". Akhirnya dengan slogan "sluman slumun slamet" guwe gas pake Honda CBR 150R keluaran tahun 2013 ke kampung halaman buat sungkem sama ortu.

Rute

Bogor – Tapos – Cileungsi – Setu – Cibitung(Bekasi) – Cikarang(Bekasi)  -  Pantura(Karawang)– Plumbon( Cirebon) – Tegal – Brebes – Pekalongan- Semarang – (Tingkir)Salatiga-Kacangan(Boyolali)-Gemolong(Sragen)-Plupuh(Sragen).

Berangkat dari Bogor jam 21.00WIB, geber terus tipis-tipis di kecepatan 80-100km/jam. Kondisi jalan lumayan padat terutama Cikarang sampai Karawang, kecepatan rata-rata turun di 60km/jam. Lepas dari Karawang yang lewat sawah-sawah itu, jalanan sudah lumayan lenggang, ngacir lagih boskuuu.


REST POINT 1(Istirahat Pertama)
Sampai Plumbon(Cirebon) jam 02.00WIB, istirahat sebentar selama 20 menit di Indomar*t buat ngilangin pegel-pegel disambi ngopi dan diselingi ngglethakan sebentar, lalu lanjut gas lagi.

REST POINT 2(Istirahat Kedua)
Sampai kota Tegal jam 04.00WIB nyari tempat buat istirahat karena mata udah mulai ngantuk sama sekalian mau Subuhan. Kendorin gas, jalan pelan-pelan ketemu rest area Honda di kota Tegal yang Fasilitasnya komplit, berhenti lalu istirahat disini. Ada kamar kecil, Mushola, warung, tempat tidur, pijatan kaki, dll semuanya gratis kecuali warung. Cuman sayang, pagi jam 4 subuhan gini gak ada petugas Honda yang jaga, cuman ada penjaga lokasi aja, jadi fasilitas seperti pijat kaki di kursi empuk gak bisa di pakai, lanjut tidur aja deh sampai jam 6 pagi.

REST POINT 3(Istirahat Ketiga)
Berangkat dari Tegal jam 6 pagi lanjut gas tipis-tipis 80-100km/jam. Kurang lebih selama 4 jam jalan, saya sudah sampai di kota Semarang. Perjalanan lancar gak ada hambatan karena jalan Pantura mulai sepi akibat sebagian pemudik sudah sampai tujuan, mungkin banyak yang rumahnya di Cirebon, Brebes, Tegal, Cilacap dan jalur selatan lainnya. Sampai Semarang lanjut istirahat di rumah Pakde saya di daerah Ngaliyan Krapyak sembari Silaturahmi sama mitrahi ponakan qiqiqi.

REST POINT KE 4(DANDIM SALATIGA KOTA)
Setelah cukup istirahat di hari yang sama, bablas lanjut jalan lagi. Berangkat dari Semarang  jam 15.45WIB dengan formasi baru, kali ini guwe bareng sama Kakak naik motor masing-masing, motor dia Yamaha Scorpio 2013. Lalu lintas yang padat membuat kami sampai Salatiga tepat saat adzan Maghrib, kita berhenti dulu untuk buka puasa. Kebetulan sekali di Dandim Salatiga lagi ada acara bukber, kami diajak gabung di acara tersebut yang lokasinya persis di pelataran Dandim yang diisi kursi beberapa baris dan beratapkan tenda. Yang luar biasa, penyambutan oleh Bapak-Bapak tentara sangat ramah banget padahal baru kenal. Niat awal mau numpang Solat Maghrib doang, malah ditawari buka puasa bersama. Sebenarnya kami sangat sungkan sekali, tapi karena Bapak-Bapak tentaranya sangat ramah nan santun kami jadi gak enak untuk menolak. 
Lhadalah masbroo... rejeki anak soleh... Menu buka puasanya komplit, model prasmanan lagi, weleh-weleh… nikmat mana lagi yang kamu dustakan masbro…qiqiqi. 
Rampung buka bersama, kami dan Pak Tentara-tentara lanjut Solat Maghrib berjamaah, kemudian jam 18.30WIB kami mengucapkan terima kasih sekalian minta ijin pamit untuk lanjut gas ke Sragen. Lepas dari Dandim Salatiga kondisi jalan gak terlalu rame, mungkin karena orang-orang masih buka puasa dan persiapan untuk Tarawih. Sampai di pertigaan Terminal Tingkir Salatiga, kami belok kiri ambil arah Kacangan Boyolali-Gemolong-Sragen. Jalur alternatif ini lumayan memangkas jarak, apalagi kalau masbro mudik ke Jawa Timur tujuan Ngawi, Magetan atau Madiun dan sekitarnya, rekomended lewat jalur sini. Kondisi Jalan juga lumayan bagus dan cukup lebar(muat simpangan 2 mobil SUV). Daripada lewat Solo Kota, jalur alternatif ini mangkas waktu banget.

Akhire, jam 20.15WIB sampai juga di home sweet home. Pokoke mudik tahun 2017 berkesan banget, sante tapi pasti, alon-alon asal kelakon, lanjut lebaran di kampung halaman karo sungkem sama orangtua, capek relatif terbayarkan oleh asyiknya riding... jossss masbro.

Tips mudik pake motor :
1.Cari tempat istirahat yang rame (Rest Area, Pombensin, Masjid, Alf*mart Indoma*rt)
2.Kalau bisa berangkat pagi, saat subuh sampai jam 6 pagi, soale jalanan masih sepi. Jangan lewat dari jam 6 karena jalanan udah rame.
3.Usahakan ada barengan dari temen sendiri.
4.Pake motornya gas tipis-tipis saja gak usah ugal-ugalan, nyante tapi pasti dan yang penting jangan lupa bahagia.

Total perjalanan Bogor-Sragen :
Tanpa istirahat : 16,5 jam (posisi gas nyante)

Artikel Populer

Spesifikasi Mesin yang Cocok Buat Touring

Menurutku  mesin motor yang paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah ngacir,  tangan jadi gak gampang pegel.  Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas.  Untuk itu kita kasih rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring : 1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke. Jika sering liat spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro. Contohnya : 1. Motor A - Bore

Tempat Wisata Anak Motor Bogor-Bukit Hambalang, Nantangin Banget!

Bukit Hambalang terletak di Citeureup Kabupaten Bogor, Jalurnya cocok pakai motor-motor trail atau kalau Honda ya CBX/CRF Series karena berlumpur, tapi guwe nekat pakai CBR! seng penting yakin. Ceritanya dimulai s ejak temen pengguna motor scorpio main ke Hambalang beberapa hari yang lalu, poto-potonya apik, bisa buat stok DP di media sosial, ane jadi tertarik buat meng eksplore daerah Hambalang karena pemandangannya yang ajib. Selain ajib, ada spot yang menantang adrenalin, tepatnya di tanjakan Babeh yang sudah jamak terkenal oleh crosser-crosser seJabodetabek. Akhirnya, t ekat sudah bulat, ambil motor langsung gas ke kesana pagi menjelang siang dari rumah di daerah Cilebut(St.Cilebut) Bogor. Ternyata pas sampai disana, guwe mampir dulu ngopi santai di warung yang lokasinya tepat di bawah/di pintu masuk bukit. Pas guwe  liat bukit Hambalang sembari tangan kanan megang cangkir kopi, lakok cangkirnya geterrr sendiri... tangan kiri guwe spontan langsung pegangan kursi. Ternyata, Jal