Skip to main content

Tempat Wisata Anak Motor Bogor-Bukit Hambalang, Nantangin Banget!

Bukit Hambalang terletak di Citeureup Kabupaten Bogor, Jalurnya cocok pakai motor-motor trail atau kalau Honda ya CBX/CRF Series karena berlumpur, tapi guwe nekat pakai CBR! seng penting yakin. Ceritanya dimulai sejak temen pengguna motor scorpio main ke Hambalang beberapa hari yang lalu, poto-potonya apik, bisa buat stok DP di media sosial, ane jadi tertarik buat meng eksplore daerah Hambalang karena pemandangannya yang ajib. Selain ajib, ada spot yang menantang adrenalin, tepatnya di tanjakan Babeh yang sudah jamak terkenal oleh crosser-crosser seJabodetabek. Akhirnya, tekat sudah bulat, ambil motor langsung gas ke kesana pagi menjelang siang dari rumah di daerah Cilebut(St.Cilebut) Bogor.

Ternyata pas sampai disana, guwe mampir dulu ngopi santai di warung yang lokasinya tepat di bawah/di pintu masuk bukit. Pas guwe liat bukit Hambalang sembari tangan kanan megang cangkir kopi, lakok cangkirnya geterrr sendiri... tangan kiri guwe spontan langsung pegangan kursi. Ternyata, Jalurnya hora umum... nanjak terjal, tak becorak, enggak rata, tapi masih berpola.... polanya guwe amati mirip bekas ban. Kendati bulu kidik mulai merinding, ternyata bukitnya memang duwurrr tenan cah...jalannya juga ekstrim. Iso munggah ora iki motorku wkkkk.  lha opo ora minder mas-mas! Akhirnya mikir santai sambil ngopi tipis-tipis dulu, liat kanan kiri dulu, situasi lumayan sepi gak ada lalu lalang motor, karena kesana pas jam kerja bukan hari libur, memang sepi tenan. Akhirnya setelah nunggu beberapa puluh menit sambil ngopi di warung, eh...ada dua anak SMA berboncengan yang naik Honda Supra 125 naik ke bukit Hambalang pake pede banget, gas tipis-tipis tanpa tedeng aling-aling bocah berboncengan itu tancap gas naik ke bukit. Lumayan geleng-geleng kepala juga sebenarnya, tapi malah termotivasi oleh mereka, mosok Supra aja bisa naik bukit, CBR gak iso...wkkkk...akhire tak beraniin juga naik ke bukit Hambalang dengan modal bismillah dan niat yang lurus tanpa pikiran jorok-eh!
Motor distater lalu puntir gas tipis-tipis, nanjak pelan-pelan sambil ngimbangin motor biar gak dlosor jiblok kebawah karena lokasinya yang lumayan terjal, kalau jatuh motor sama orang iso bonyok tenan, sampai rumah bisa-bisa gak dikenali satpam perumahan, tetangga malahan keluarga.
Perjalanan dari pintu masuk pinggir warung kopi sampai ke bukit Hambalang memakan waktu sekitar 10 menitan, dengan puntiran gas pelan-pelan 20 km/jam. Akhirnya... setelah ban bergelutan menggaruk tanah sampai juga di bukit Hambalang. Posisi sudah di atas neh... lagi enak-enaknya, gak mau turun dulu, nikmati dulu karunia Tuhan ini brooo. Wes parah....ternyata indah tenan cah pemandangannya. Kota Bogor bisa dilihat dengan jelas dari ketinggian guwe dengan cuaca yang cerah, sampai-sampai Kuala lumpur juga bisa dilihat dari sini, iya tentunya dari Photo yang ada di HP qiqiqi. Perjuangan naik bukit terbayar sudah dengan panorama yang disajikan. Sayang...guwe kesana pas hari kerja, gak ada yang jualan diatas sini. Sepi banget, cocok buat camping sambil relaksasi diri, pokoke jos gandos Bro. 
Sebenarnya di sekitar sini masih ada bukit lain yang lebih tinggi, cuman guwe memutuskan untuk gak naik lagi karena jalannya yang ekstrim. Cukup sampai di tanjakan Babeh aja, karena target awal memang cuman sampai sini. Mungkin lain kali kalau kesono banyakan kemungkinan naik lagi ke bukit yang lebih tinggi biar panoramanya lebih ajib lagi.

Baliknya gimana ? 
Setelah menikmati pemandangan, tancap gas balik turun dari bukit. Ternyata pas turun, nyali guwe lebih diuji! Treknya lebih sulit ketika kita mau turun, kalau pas nanjak aja udah minder, ini baliknya lebih menakutkan karena kita gak bisa main RPM di turunan. Kuncinya, kudu pinter-pinter nge–rem motor, kalau gak pinter motor bisa terjun bebas ke bawah, dlosorrr kenceng tanpa ada pembatas jalan, zonkkk cah! 
Pokoknya pengalaman yang luar biasa naik ke bukit Hambalang pakai motorsport CBR dengan ban yang masih standart pabrikan merek IRC Road Winner. Josss gandoss pokoke! Oh iya, masuknya masih gratisss. Jalur yang guwe lewatin : lewat samping sirkuit sentul golf-proyek Hambalang terus belok kiri lurus terus. Piye? sido gas to.

Artikel Populer

Mudik Naik Motor dari Bogor ke Solo Lewat PANTURA

Prepare di Ruko H-3 Tahun 2017 guwe mudik pake gaya riding, maksudnya naik motor dari kota perantauan ke kampung halaman. Dua tahun kebelakang, mudik naik mobil pribadi sensasinya serasa biasa-biasa saja, kurang greget kurang menantang qiqiqi, bagi saya nyopir mobil terlalu gampang dibanding naik motor, ditambah lewat tol mulu... jadi mbosenin. Tahun ini kepingin mudik naik motor sendirian alias solo riding dari Bogor ke Sragen, bener-bener sendiri kagak ada barengannya. Tapi tenang, walaupun sendirian kagak usah takut kesepian, karena di jalan pasti bakal ketemu pemudik lain yang ramenya minta ampun. Alih-alih mumpung masih bujang otot-otot masih kencang tes ombak riding tipis-tipis pulang pergi ngaspal sejauh 700km , isih kuat opo hora, tentunya dengan semangat " young forever". Akhirnya dengan slogan "sluman slumun slamet" guwe gas pake Honda CBR 150R keluaran tahun 2013 ke kampung halaman buat sungkem sama ortu. Rute Bogor – Tapos – Cileungsi – Setu –

Spesifikasi Mesin yang Cocok Buat Touring

Menurutku  mesin motor yang paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah ngacir,  tangan jadi gak gampang pegel.  Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas.  Untuk itu kita kasih rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring : 1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke. Jika sering liat spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro. Contohnya : 1. Motor A - Bore