Skip to main content

Motor yang Cocok Untuk Touring di Bawah 250 cc

Photo : Otomotifnet
Well …ngomongin motor dengan kapasitas kecil dibawah 250cc buat touring memang sangat menarik, apalagi buat masbro yang lagi nyari nyari motor idamannya. Ane punya beberapa anjuran yang bisa dipakai buat menambah kasanah pilihan untuk perbandingan. Semua motor yang dibahas disini yang masih dalam keadaan standart pabrikan dan Sudah Injeksi. Ini motor yang gw saranin, masih banyak motor produk lain dari ini, tapi gw lebih memilih yang ini :

1.       Suzuki Inazuma 250cc 

Motor keluaran Suzuki ini memang terlahir Murni untuk pecinta touring

Kelebihannya :

  1. Motornya stabil banget  buat perjalanan jauh(posisi jok,stang pas banget), jadi meminimalsir rasa pegel di punggung.
  2. Shockbreaker tergolong lembut
  3. torsi mantap, gak usah buka gas dalam dalam
  4. tampilan moge banget karena bodinya yang bener-bener gede
  5. suara mesinnya khas mesin inline 2 silinder kayak MT25, Z250.
  6. lampu depan terang
  7. pas buat dipasangin box buat menyimpan barang
  8. Velg dan Ban Lebar

Kekurangan:

  1. karena bobotnya yag berat, jadi untuk selap-selip agak susah…karena memang motor ini terlahir buat pecinta touring, jadi memang bukan motor balap.
  2. Top Speed dan tenaga paling rendah di kelas 250cc,ya..kembali lagi motor ini bukan buat kebut-kebutan…motor ini buat perjalanan jauh yag rata-rata memerlukan bukaan gas yang stabil. 
  3. Aftersales kurang bagus, bengkel  servis yang susah ditemui.

Kesimpulan : Inazuma menempati posisi no.1 sebagai motor terbaik buat touring

2.       Yamaha MT 25

Motor keluaran Yamaha ini menempati posisi ke dua….dengan power terbaik dikelasnya, motor ini juga mempunyai handling yang enak karena sasisnya ringan.

Kelebihan :

  1. Powernya paling tinggi, terutama saat RPM menengah keatas(khas mesin DOHC)
  2. Handling nyaman , motor nurut nurut saja
  3. suara mesinnya khas mesin inline 2 silinder
  4. lampu depan terang
  5. Velg dan Ban Lebar

Kekurangan :

  1. posisi setang agak kebawah bikin rada pegel kalau buat perjalanan jauh
  2. ketika menemui kemacetan, agak pegel ditangan 

3.       Kawasaki Z 250

Muncul duluan di kelas  naked 250cc, membuat brand image Kawasaki melekat begitu erat di hati para penggemarnya. Akan tetapi untuk saat ini Z250 menempati posisi ketiga di klasemen.

Kelebihan :

  1. Brand Image Kawasaki yang kental akan nuansa motor kenceng membuat harga jual bekasnya masih tinggi dan paling kecil deficit penurunan harganya.
  2. Menurut gw pribadi model Z250 ini paling bagus, hampir sebelas duabelas sama kakaknya Kawasaki Z800 dengan mesin 800cc nya.
  3. suara mesinnya khas mesin inline 2 silinder
  4. lampu depan terang
  5. Velg dan Ban Lebar

Kekurangan :

  1. posisi setang agak kebawah bikin rada pegel kalau buat perjalanan jauh
  2. bobot agak berat

4.       Yamaha Vixion

Motor yang satu ini terkenal sebagai motor massal, pasalnya semenjak diluncuran ke pasaran…peminatnya sangat banyak. Bahkan Honda yang dari dulu anteng dan pede dengan  mesin GL-seriesnya,seperti Tiger,Megapro…bisa  dihajar sama vixion ini. Sampai segmen sport 150-200 cc dikuasai Yamaha beberapa tahun ini.

Kelebihan :

  1. Irit bensin
  2. Harga jual secondnya stabil
  3. Tarikan mesin bawah menengah mantap khas SOHC
  4. Ban dan Velg Lebar
  5. Lampu terang

Kekurangan :

  1. Gigi persneling cuma sampai 5

5.       Honda CB 150R

Motor keluaran dari Honda punya tempat sendiri di hati pelanggannya, Cb 150 R keluar ke pasaran dengan mengusung model  sport dengan menawarkan teknologi terkini. Honda mencoba mengambil pasar motor sport 150 cc yang sudah lama dikuasai Yamaha. Akan tetapi saat CB 150R keluar ke pasaran pertama kali atau saat generasi pertama diluncurkan, hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi Honda. CB 150R banyak keluhan terutama di sektor mesin khususnya bagian kem/noken as,belum lagi yang masih menggunakan velg kecil . Sehingga tidak begitu laris dipasaran. Akan tetapi, Honda tidak diam begitu saja. Honda mengeluarkan versi terbarunya yaitu All New Honda CB150R dengan segudang kelebihan dari vixion. Dan dalam beberapa bulan di tahun 2016 bisa mengambil pasar Sport 150cc. Jadi Motor ini layak buat mas bro jadikan pertimbangan.

Kelebihan :

  1. Lampu terang , full LED
  2. Velg dan Ban lebar
  3. Tarikan Menengah keatas mantap(khas mesin DOHC)
  4. Gigi persneling/transmisi sampai 6 percepatan
  5. Tampilan tambah oke jika pakai Box
  6. Dukungan komunitas dari Honda yang luas
  7. Servis lebih mudah karena banyak bengkel AHASS

Kekurangan :

Artikel Populer

Mudik Naik Motor dari Bogor ke Solo Lewat PANTURA

Prepare di Ruko H-3 Tahun 2017 guwe mudik pake gaya riding, maksudnya naik motor dari kota perantauan ke kampung halaman. Dua tahun kebelakang, mudik naik mobil pribadi sensasinya serasa biasa-biasa saja, kurang greget kurang menantang qiqiqi, bagi saya nyopir mobil terlalu gampang dibanding naik motor, ditambah lewat tol mulu... jadi mbosenin. Tahun ini kepingin mudik naik motor sendirian alias solo riding dari Bogor ke Sragen, bener-bener sendiri kagak ada barengannya. Tapi tenang, walaupun sendirian kagak usah takut kesepian, karena di jalan pasti bakal ketemu pemudik lain yang ramenya minta ampun. Alih-alih mumpung masih bujang otot-otot masih kencang tes ombak riding tipis-tipis pulang pergi ngaspal sejauh 700km , isih kuat opo hora, tentunya dengan semangat " young forever". Akhirnya dengan slogan "sluman slumun slamet" guwe gas pake Honda CBR 150R keluaran tahun 2013 ke kampung halaman buat sungkem sama ortu. Rute Bogor – Tapos – Cileungsi – Setu –

Spesifikasi Mesin yang Cocok Buat Touring

Menurutku  mesin motor yang paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah ngacir,  tangan jadi gak gampang pegel.  Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas.  Untuk itu kita kasih rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring : 1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke. Jika sering liat spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro. Contohnya : 1. Motor A - Bore

Tempat Wisata Anak Motor Bogor-Bukit Hambalang, Nantangin Banget!

Bukit Hambalang terletak di Citeureup Kabupaten Bogor, Jalurnya cocok pakai motor-motor trail atau kalau Honda ya CBX/CRF Series karena berlumpur, tapi guwe nekat pakai CBR! seng penting yakin. Ceritanya dimulai s ejak temen pengguna motor scorpio main ke Hambalang beberapa hari yang lalu, poto-potonya apik, bisa buat stok DP di media sosial, ane jadi tertarik buat meng eksplore daerah Hambalang karena pemandangannya yang ajib. Selain ajib, ada spot yang menantang adrenalin, tepatnya di tanjakan Babeh yang sudah jamak terkenal oleh crosser-crosser seJabodetabek. Akhirnya, t ekat sudah bulat, ambil motor langsung gas ke kesana pagi menjelang siang dari rumah di daerah Cilebut(St.Cilebut) Bogor. Ternyata pas sampai disana, guwe mampir dulu ngopi santai di warung yang lokasinya tepat di bawah/di pintu masuk bukit. Pas guwe  liat bukit Hambalang sembari tangan kanan megang cangkir kopi, lakok cangkirnya geterrr sendiri... tangan kiri guwe spontan langsung pegangan kursi. Ternyata, Jal