Skip to main content

Modifikasi Honda CBR 150R, Kencang tapi Irit

MAKIN IRIT DAN BERTENGA BERKAT 5 PART

Honda CBR 150R, dari pabriknya memang sudah terlahir kencang yang diklaim ber-DNA MotoGP Honda. Dengan mesin 150 cc DOHC 4 valve, mampu mengail tenaga yang cukup beringas di kelasnya. Namun ada saja yang merasa kurang dengan tenaga yang dihasilkan. Akhirnya langkah upgrade performa pun ditempuh.

Tapi, tidak semua biker penyemplak CBR 150R mau mesinnya dioprek ekstrem. “Bisa pilih pakai part bolt on aja kok. Dijamin tarikan bawah hingga menengah jadi lebih ngisi. Meski tarikan atasnya kurang pengaruh. Ini sudah cukup memuaskan saya,” bilang Robi Gunawan, member klub CBR Bogor Riders.

Part pendongkrak tenaga yang Robi aplikasi hanya 5 macam, yakni saringan udara berlabel Ferrox, busi NGK Platinum, knalpot Twobrothers, kampas kopling WRX dan per kopling CLD. “Pakai part-part tersebut, selain tenaganya makin ngisi di bawah dan tengah, konsumsi bensin juga jadi lebih irit loh,” aku pria yang tinggal di Jl. R. Kosasih, Ciapus, Bogor Selatan.

Untuk membuktikan ucapan Robi itu, guwe jajal CBR 150R keluaran 2012 miliknya yang sudah menempuh jarak 23.789 km. Metode pengujian, motor dikendarai normal di jalan raya. Bahan bakar pakai bensin dengan RON 95 di SPBU Shell Pajajaran Kota Bogor, dengan metode pengukuran konsumsi BBM, full to full.
Rute yang ditempuh dari Bogor menuju Bukit Pelangi Gunung Geulis, lanjut ke Cisarua dan kembali lagi ke Bogor. Jarak tempuh rute tersebut terukur 58 km. Dilakukan 2 kali pengetesan dengan rute yang sama. 
Hasilnya, didapat konsumsi BBM untuk jarak segitu setelah upgrade beberapa part tadi, 1,92 liter. Artinya per liter dapat menempuh jarak 30,2 km. Sementara dengan kondisi standar, 1 liternya hanya bisa menempuh 26,36 km. Lumayan kan lebih jauh 3,84 km?

“Emang terasa lebih irit, karena saya merasakan tarikan bawah menengah itu lebih kuat tanpa harus buka gas dalam. Sebulan cuma habis Rp 100 ribu saja buat isi bensin. Itu untuk pemakaian dari rumah ke kantor sejauh 14 km PP,” aku Robi yang punya berat badan 105 kg.

Artikel Populer

Mudik Naik Motor dari Bogor ke Solo Lewat PANTURA

Prepare di Ruko H-3 Tahun 2017 guwe mudik pake gaya riding, maksudnya naik motor dari kota perantauan ke kampung halaman. Dua tahun kebelakang, mudik naik mobil pribadi sensasinya serasa biasa-biasa saja, kurang greget kurang menantang qiqiqi, bagi saya nyopir mobil terlalu gampang dibanding naik motor, ditambah lewat tol mulu... jadi mbosenin. Tahun ini kepingin mudik naik motor sendirian alias solo riding dari Bogor ke Sragen, bener-bener sendiri kagak ada barengannya. Tapi tenang, walaupun sendirian kagak usah takut kesepian, karena di jalan pasti bakal ketemu pemudik lain yang ramenya minta ampun. Alih-alih mumpung masih bujang otot-otot masih kencang tes ombak riding tipis-tipis pulang pergi ngaspal sejauh 700km , isih kuat opo hora, tentunya dengan semangat " young forever". Akhirnya dengan slogan "sluman slumun slamet" guwe gas pake Honda CBR 150R keluaran tahun 2013 ke kampung halaman buat sungkem sama ortu. Rute Bogor – Tapos – Cileungsi – Setu –

Spesifikasi Mesin yang Cocok Buat Touring

Menurutku  mesin motor yang paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah ngacir,  tangan jadi gak gampang pegel.  Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas.  Untuk itu kita kasih rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring : 1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke. Jika sering liat spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro. Contohnya : 1. Motor A - Bore

Tempat Wisata Anak Motor Bogor-Bukit Hambalang, Nantangin Banget!

Bukit Hambalang terletak di Citeureup Kabupaten Bogor, Jalurnya cocok pakai motor-motor trail atau kalau Honda ya CBX/CRF Series karena berlumpur, tapi guwe nekat pakai CBR! seng penting yakin. Ceritanya dimulai s ejak temen pengguna motor scorpio main ke Hambalang beberapa hari yang lalu, poto-potonya apik, bisa buat stok DP di media sosial, ane jadi tertarik buat meng eksplore daerah Hambalang karena pemandangannya yang ajib. Selain ajib, ada spot yang menantang adrenalin, tepatnya di tanjakan Babeh yang sudah jamak terkenal oleh crosser-crosser seJabodetabek. Akhirnya, t ekat sudah bulat, ambil motor langsung gas ke kesana pagi menjelang siang dari rumah di daerah Cilebut(St.Cilebut) Bogor. Ternyata pas sampai disana, guwe mampir dulu ngopi santai di warung yang lokasinya tepat di bawah/di pintu masuk bukit. Pas guwe  liat bukit Hambalang sembari tangan kanan megang cangkir kopi, lakok cangkirnya geterrr sendiri... tangan kiri guwe spontan langsung pegangan kursi. Ternyata, Jal