Skip to main content

Jadi Anak Touring atau Anak Balap atau Anak Jalanan, Guwe Pernah Nyelem


Seorang Bikers yang hobi otomotif pasti pengin punya pengalaman yang banyak seputar hobi yang digeluti, kayak guwe pernah melakoni jadi anak touring, anak balap, anak klub dan jujur belum pernah main film anak langit(udah guwe jawab-daripada ada yang nanya).  Guwe pribadi cukup puas sudah beberapa tahun bergelut melewati gunung menyusuri lembah per-Bikersan yang sampai sekarang masih menyelem sambil minum air, ya walaupun gak nyampe terlalu dalam terjun nyelem ke dalam semesta tersebut. Kalau sudah cinta motor ya guwe pribadi pengin dapet pengalaman sebanyak-banyaknya lah itung-itung otot masih pada kuenceng. 
Selama guwe nyelem ke dalam semesta bikers guwe merasa ada enak sama gak enaknya, suka dan dukanya, dan itu semua sebenarnya relatif saja tergantung bagaimana kita menyikapinya sendiri. Pokoke apapun hobinya(touring/mbalap) minumnya tetep teh botol Sos*o.
Guwe sendiri lebih suka touring daripada balapan, lebih suka  mengeksplor tempat-tempat baru yang belum pernah didatangi, terutama touring ke tempat ibadah, tempat pengajian atau ke rumah anak pak Yai-heleh. Seneng touring bukan berarti gak suka balap! Yang perlu digarisbawahi disini adalah guwe lebih suka touring aja dibanding balapan. Buktinya guwe pernah beberapa kali ikut balapan komunitas, pernah ngerasain miring-miring di Sirkuit Sentul Bogor dan Sirkuit Bukit Peusar Tasik Malaya Jawa Barat. Tapi memang rata-rata kelas OMR(One Make Race CBR) bukan Kejurnas. Hasilnya pun tak begitu mengecewakan, laps time gak begitu jauh dari yang naik podium. Saking gandrungnya guwe punya peralatan balap sendiri mulai dari wearpack, helm, sarung tangan, sepatu balap, dll.
Memang guwe di awal-awal main motor, paling demen nikung-nikung di JALAN SEPI, tapi itu dulu... setelah itu pindah ke sirkuit aja yang memang jelas buat ajang miring-miring, Hobi Balap itu Cuma menggebu-gebu di 4 tahun awal guwe main motor. Kesini-kesininya jiwa guwe lebih condong ke Touring. Mungkin karena dari dulu memang orang yang suka dolan alias piknik hahahaha...jadi jiwa penjelajah kembali menggebu, menjelajahi dunia yang begitu indahnya khususnya indonesia kita tercinta ini. Endingnya....pokoke salam jelajah dan jangan lupa bahagia !

Artikel Populer

Mudik Naik Motor dari Bogor ke Solo Lewat PANTURA

Prepare di Ruko H-3 Tahun 2017 guwe mudik pake gaya riding, maksudnya naik motor dari kota perantauan ke kampung halaman. Dua tahun kebelakang, mudik naik mobil pribadi sensasinya serasa biasa-biasa saja, kurang greget kurang menantang qiqiqi, bagi saya nyopir mobil terlalu gampang dibanding naik motor, ditambah lewat tol mulu... jadi mbosenin. Tahun ini kepingin mudik naik motor sendirian alias solo riding dari Bogor ke Sragen, bener-bener sendiri kagak ada barengannya. Tapi tenang, walaupun sendirian kagak usah takut kesepian, karena di jalan pasti bakal ketemu pemudik lain yang ramenya minta ampun. Alih-alih mumpung masih bujang otot-otot masih kencang tes ombak riding tipis-tipis pulang pergi ngaspal sejauh 700km , isih kuat opo hora, tentunya dengan semangat " young forever". Akhirnya dengan slogan "sluman slumun slamet" guwe gas pake Honda CBR 150R keluaran tahun 2013 ke kampung halaman buat sungkem sama ortu. Rute Bogor – Tapos – Cileungsi – Setu –

Spesifikasi Mesin yang Cocok Buat Touring

Menurutku  mesin motor yang paling pas buat touring itu karakternya enak di putaran bawah sampai menegah, Jadi saat perjalanan jauh gak usah buka gas dalam-dalam biar tangan gak gampang pegel. Soalnya kalau kita muter gasnya gak terlalu dalem tapi motor sudah ngacir,  tangan jadi gak gampang pegel.  Kalaupun menemui kemacetan...karakter mesin yang seperti ini juga lebih enak di pergelangan tangan. Yang suka touring pasti tau, tangan gampang pegel-pegel kalau terlalu sering muter gas.  Untuk itu kita kasih rekomendasi spesifikasi mesin yang cocok buat touring : 1.Mesin dengan Stroke Panjang/Istilahnya Overstroke. Jika sering liat spesifikasi motor, pasti sering mbaca... "Bore x Stroke" atau kalau di Indonesiakan artinya Diameter x Langkah. Nah, motor buat touring itu cocoknya make mesin yang OverStroke/Langkah piston lebih besar daripada Diameter piston. Soalnya mesin tipe ini Tarikan Bawah-Menengahnya mantap. Gas dikit motor udah jalan bro. Contohnya : 1. Motor A - Bore

Tempat Wisata Anak Motor Bogor-Bukit Hambalang, Nantangin Banget!

Bukit Hambalang terletak di Citeureup Kabupaten Bogor, Jalurnya cocok pakai motor-motor trail atau kalau Honda ya CBX/CRF Series karena berlumpur, tapi guwe nekat pakai CBR! seng penting yakin. Ceritanya dimulai s ejak temen pengguna motor scorpio main ke Hambalang beberapa hari yang lalu, poto-potonya apik, bisa buat stok DP di media sosial, ane jadi tertarik buat meng eksplore daerah Hambalang karena pemandangannya yang ajib. Selain ajib, ada spot yang menantang adrenalin, tepatnya di tanjakan Babeh yang sudah jamak terkenal oleh crosser-crosser seJabodetabek. Akhirnya, t ekat sudah bulat, ambil motor langsung gas ke kesana pagi menjelang siang dari rumah di daerah Cilebut(St.Cilebut) Bogor. Ternyata pas sampai disana, guwe mampir dulu ngopi santai di warung yang lokasinya tepat di bawah/di pintu masuk bukit. Pas guwe  liat bukit Hambalang sembari tangan kanan megang cangkir kopi, lakok cangkirnya geterrr sendiri... tangan kiri guwe spontan langsung pegangan kursi. Ternyata, Jal